feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Kata Yang Menggigit

Celetukanopik :

Agar pengunjung di blog kita meningkat, pertama kali yang harus kita punyai adalah koleksi kata yang menggigit. Maka stok yang dimiliki harus melimpah ruah (jangan yang itu-itu saja sebisa mungkin).

Untuk mendapatkan kata tersebut, bisa dari daftar bacaan kita maupun hasil dari cipta kreasi pribadi. Asalkan itu mampu menggugah labirin kesadaran rasa dan tidak harus selalu gokil.

Dan untuk mengetahui banyak-sedikitnya pengunjung yang datang, diperlukan berbagai tool, minimal dipasang yang standar, seperti : web traffic dan hit counter.

Fenomena Penampakan
Pemunculan atau penampakan kata yang menggigit tadi, khususnya harus kita letakkan di bagian judul postingan artikel. blogger-emoticon.blogspot.com Dengan hal itu, dapat menyerap (menyedot) arus pengunjung.

Contohnya sebagai berikut :
1. Untuk tujuan memantik daya gregetan, dapat memakai judul :
"Kencing Di Lautan Surgawi"
2. Sedangkan yang mengundang aura birahi plus penasaran, bisa menggunakan judul :
"Wanita Cantik Nekat Bugil Di Depan Presiden"
(Namun jika adult title ini hanyalah untuk sekedar judul dan isinya tidak ada hal yang berbau begituan sebaiknya dihindari, karena ini bisa disebut pembohongan publik. Adult title sesungguhnya hanya untuk blog yang memasang tanda 18+.)

Untuk saya pribadi postingan dengan kata yang menggigit, itu seperti artikel saya yang berjudul : Ajian Pelet Yang Nasionalis atau Membacalah Akan Cartikel Aku Nih.

Bagaimana halnya jika kita telah kehabisan stok atau malah tidak mempunyai stoknya? blogger-emoticon.blogspot.comGampang saja, gunakan kata yang sudah usang (maksudnya : berkali-kali sudah digunakan, sehingga terlihat lecek dan lecet).

Misalnya blog kita bergerak di bidang internet, maka judulnya bisa :
1. Cara Menaikkan PageRank Dengan Mudah
2. Daftar Blog Do-Follow 2010

Namun ini hanya disarankan, apabila kita sudah menguasai jurus-jurus Search Engine Optimization. Kalau belum, sebaiknya kita harus berguru kepada cryEyang Resi SEO , untuk waktu yang cukup lama. Jika tak mau, dapat mengambil yang short-course saja, yang paling tidak dengan hal ini, kita telah lulus melewati ujian sertifikasi ajian metatag.

Fasilitas Yang Memanjakan
Setelah bahasan tentang posting, marilah kita menuju tentang pengadaan fasilitas yang perlu ada di suatu blog.

Pengadaan fasilitas ini ditujukan demi menyamankan dan menyenangkan hati pengunjung. Fasiltas itu berupa download dan langganan newsletter. Bisa juga ditambah dengan widget video, lagu, dan foto. Selain daripada pemakaian gadget waktu (jam & kalender). Agar terasa kedekatan menjadi lebih kuat, tempelkan shoutbox atau guestbook.

Fasilitas-fasilitas tadi harus diimbangi dengan tampilan yang memikat dan loading yang cepat.

Dan usahakan menanggapi komentar yang masuk, secara personal via tombol reply. Karena pengunjung akan merasa dihormati dan dihargai eksistensinya. Jika tak terdapat fasilitas ini, gunakan saja ini dan itu. Lalu taruh pula gerombolan emoticon, sehingga para komentator dapat meluapkan ekspresi curahan hatinya.

Selain itu tak ada salahnya juga bekerja sama dengan sini dan situ untuk menggelar "operasi pengintipan" blog.

Jangan lupa blog yang telah bermandikan fasilitas ini, jangan dicemari dengan adanya CAPHCTA, AKISMET, ANTI RIGHT-CLICK & SELECTION. (Catatan : pencemaran ini hanya berlaku, apabila kita telah mengalami paranoid terhadap serangan spam dan korban plagiasi)

Meskipun begitu, yang penting diperhatikan adalah karakter blog. Tak ada artinya fasilitas yang banyak, jika tidak diiringi karakter yang jelas. Untuk itu kita harus memilih menjadi blog spesifik ataukah blog mix. Karena pilihan ini akan berdampak pada fasilitas apa yang akan dipasang.

Blogsatron
Di samping itu, kita harus pula melakukan apa yang disebut blogsatron. Blogsatron adalah blogwalking dengan intensitas tinggi (yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula yang belum populer). Kegiatan blogsatron minimal dikerjakan 2 bulan non-stop, dengan tak mempedulikan cuaca yang menyerang , flu yang meradang dan ketika hati yang memberang .

Meskipun begitu, ditengarai aktivitas blogwalking lebih banyak dikerjakan di waktu malam. Tapi jangan terlalu sering dilakukan. Apalagi terlalu larut malam. Karena berdampak pada fisik, badan jadi lesu, leher jadi kaku, mata jadi kuyu dan akhirnya mukanya jadi lucu.

Dan untuk menjadi seorang blogwalker handal, tetaplah memerlukan kata yang menggigit tersebut. Karena kalau tidak, kita pasti terjebak dan ikut terdaftar di kesatuan Paspampres (Pasukan Pengamanan Pertamax), yang kerjaannya cuma menyergap artikel-artikel yang masih perawan (maksudnya : masih kosong melompong tak ada komentarnya). Selain juga mengakibatkan suka ngegombal dengan kata rayuan yang sudah basi, seperti "Nice inpo Gan" dsb.

Akan tetapi jiika kita sungguh amat terpaksa sekali melakukannya. Pastikanlah gunakan kata-kata itu dengan sebijaksana, sebijaksini, dan sebijaksitu mungkin. Karena ada blog yang dengan galak menaruh label "haram" pada tindakan ini. Apalagi juga kalau di depan pintu komengnya ada tulisan awaiting moderating.

Jadi sekali lagi, jika kita sudah kadung kepepet, otak blank-mariblank (baca: blenk-mariblenk), bolehlah dipakai kata itu dengan porsi yang tepat dan tentunya harus variatif, modifikatif, dan terakhir sensitif.

Lantas apakah kegiatan tukar link, juga harus dilaksanakan saat blogwalking ini? Tentu saja harus dilakukan. Begitu pula dengan ikut forum maupun organisasi blogger sekota di dunia maya, beserta kopdarnya. Sehingga kita mempunyai paling tidak pengunjung setia yang berasal dari teman tautan tadi dan juga organisasi yang kita ikuti itu.

Dan syukur-syukur pula, blog yang kita sambangi itu, yang punya berparas cantik dan masih single, sehingga bisa dijadikan gebetan. Atau jika tidak, setidak-tidaknya masih punya anak yang cantik , saudara yang cantik , teman yang cantik dan tetangga yang cantik .

PageRank Cinta Dan Putri Alexa
Agar dapat limpahan pengunjung, tentunya kita harus pula nangkring di daftar topten-nya search engine. Untuk itu, kita perlu merebut perhatian PageRank dan Alexa. Cara merebutnya, bisa saja dengan melakukan komentar-komentar di blog do-follow, tukar link waktu blogwalking, daftar di search engine dan submit di blog directory juga aktif di social-networking. Sehingga blog kita menjadi "layak jual" dan diserbu bejibun pengunjung.

Jadi Dermawan

Blogger yang dermawan, pastinya lebih disukai pengunjung. Apalagi jika memberi hadiahnya tak perlu syarat yang terlalu tetek-bengek. Cukup komentar dikasih doku, menjadi top komentator diberi domain.

Jika belum bisa menjadi blogger dermawan, rajin saja berkomeng-ria, sebabnya blog mereka kan sudah populer, baik dari segi kunjungan maupun banyaknya komentar. Sehingga blog kita ikut-ikutan terdongkrak ketenarannya. Tentunya pula tetap memperhatikan pasokan kata yang menggigit, yang harus kita selipkan dalam setiap berkomentar.

Blogger dermawan terkadang juga memberikan tantangan bagi para pengunjungnya dengan mengadakan lomba penulisan artikel. Baik yang membebaskan gaya penulisan dan panjangnya tulisan atau dengan serangkaian peraturan yang super ketat. Walaupun masih dalam taraf menghormati koridor hukum yang berlaku, yang tidak menyinggung SARA (baik SARA AZHARI, SARA SECHAN, dan SARA AMELIA).

Tetapi apabila masih dalam status bloggere (blogger kere), ikutan ajang beginian terus-menerus, biar cepet terkenal. Sehingga ujung-ujungnya menjadi bloggerity yang mempunyai banyak fans dan fulus.

Kesimpulan
Seni berarti adalah soal rasa. Karena itu pembahasan tentangnya tidak boleh melulu dibumbui penjejalan teknis belaka. Begitu pula dengan yang namanya seni menaikkan pengunjung, perlu sentuhan qolbiyah, tidak saja dengan belaian aqliyah. Dan tentu salah satunya adalah dengan memakai kata yang menggigit tadi.

NB : Artikel ini dibuat untuk kontes menulis artikel dengan tema "SENI MENAIKKAN PENGUNJUNG BLOG" yang diadakan oleh : komunitasblog.info/kuliah
Jika mau ikutan, cepetan kesono untuk info yang lebih lengkap


Sumber gambar :
t4belajarblogger.blogspot.com
blogger-emoticon.blogspot.com
kaskus.info
mitan100.blogspot.com

Celetukangarang
14 komentar:
udienrny mengatakan...
Jumat, 19 Februari, 2010   Reply To This Comment

Ah pertamanya dulu mas.

Celetukan Segar mengatakan...
Jumat, 19 Februari, 2010   Reply To This Comment

Ini Bang Udienroy, ya?
Punya blog baru lagi, ya?
Terima kasih sudah mengambil komeng yang "pertama"!

jack mengatakan...
Jumat, 19 Februari, 2010   Reply To This Comment

=))
emang mantep banget tipsnya, lucu lagi... ditambah gambarnya yang bikin blognya semakin mentereng... jadi gemes pengen ngejambak

sauskecap mengatakan...
Jumat, 19 Februari, 2010   Reply To This Comment

pembahasannya mudah dimengerti dan menarik... semoga sukses dengan kompetisinya

Celetukan Segar mengatakan...
Jumat, 19 Februari, 2010   Reply To This Comment

@jack
Kalo pengen ngejambak jangan pilih yang gundul! :)

@sauskecap
thanks atas do'anya
mbaknya juga ikutan tho?
semoga juga menang!

dedekusn mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

Tips yg hebat + segerrr

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

Seger ya? =))

Vulkanis mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

Sungguh setuju dan mau dicoba

Dangstars mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

:D
Makasih boz

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

@Vulkanis
Khusus yang blogsatron itu sudah terbukti di lapangan, banyak blogger yang terkenal pada mulanya melakukan hal ini. Tapi saya belum mencobanya sendiri.

@Dangstars
Thanks balik!

darahbiroe mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

meski postingan yg berbobot gini masih tetep yaw dengan ciri khas celetukan lucu na heheh

sipppp


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 20 Februari, 2010   Reply To This Comment

Matur tenkyu!

Segera meluncur ke TKP!

Mohon ijin link-nya saya pasang!

embun777 mengatakan...
Minggu, 21 Februari, 2010   Reply To This Comment

Selamat Mas , sdh mjd pemenang..
dg celetukan Segar.. enak dibaca.. dan asyiik...
hee..heee...

terima Kasih.
Salam dan Sukses.

Celetukan Segar mengatakan...
Minggu, 21 Februari, 2010   Reply To This Comment

Terima kasih atas infonya!

Apalagi kontes ini idenya dari Anda!

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Poskan Komentar