feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Ternyata Celengan Lebih Aman Daripada ATM?!

Celetukanopik :

Paling tidak yang menjadi dasar, bahwa Celengan lebih aman daripada ATM adalah :

1. Secara filsafati
Tujuan orang dalam menghadapi celengan adalah memasukkan uang, sedangkan ATM sebaliknya, untuk mengambil uang. Karena hal inilah maka pembobolan ATM menjadi marak. Jelas mustahil tho, mau nyuri celengan, kok harus keluar kocek dulu!

2. Secara trendi
Mosok nyolong kok celengan, jelas nggak keren banget.

3. Secara teknologi
Nggasak uang di ATM, jelas menunjukkan kapabilitas dibandingkan dengan "melarikan" celengan.

4. Secara moralitas
Pasti hujatan akan banyak dilayangkan, jika pencuri tertangkap basah mengambil celengan. Dan membuatnya malu berat. Soalnya dalam paradigma orang-orang, celengan biasanya dimiliki oleh anak-anak dan cenderung isinya cuma koin alias recehan.

5. Secara legally
Karena celengan itu, kebanyakan punyanya anak-anak. Maka hukumannya yang dijatuhkan, lebih berlapis. Sebab ada penerapan pasal eksploitasi anak. Dan bisa diperiksa oleh Komnas Perlindungan Anak (kalau perlu dari Komnas Perlindungan Celengan, jika lembaga ini eksis).

6. Secara misteri
Untuk menguras isi ATM, tak perlulah melakukan ritual puasa mutih. Tidak juga menyediakan aneka kembang, seperti : kembang setaman, kembang macan kerah, kembang 25 jenis ataupun kembang desa (yang ini buat gue, he he he). Apalagi menyiapkan sesaji dengan uborampe : nasi ingkung, rokok klobot, kemenyan maupun candu.
Beda dengan celengan, celengan berasal dari kata celeng (babi hutan). Dan celeng ini kerabat dekat dengan babi. Padahal di dunia pesugihan, babi adalah suatu hewan yang menjadi sarana. Jadi melihat hal ini, tak mungkin rasanya pencuri mau meng-embat celengan, karena jelas beresiko untuk dijadikan tumbal.

7. Secara diksi
Selain dari kata celeng yang bermakna babi hutan. Celeng juga berarti memasukkan/ menyimpan sesuatu yang berupa uang. Jadi celengan adalah tempat penyimpanan uang, istilahnya adalah tabungan jinjing (bank-portable). Sehingga tak mungkin ada upaya merampoknya, memandang dari sisi ini.
Sedangkan ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine, yang diterjemahkan menjadi Anjungan Tunai Mandiri. Hal ini tentunya memancing orang untuk ikut-ikutan mengambil meskipun bukan milik sendiri. Ini nyambung dengan poin 1 di atas!

8. Secara sekuriti
“Semakin ketat artinya semakin lemah”, pepatah ini jelas menunjukkan korelasi dalam alam realitas finansial kekinian. Meskipun ATM dilengkapi oleh CCTV, bahkan satpam dan polisi, ternyata masih bisa dijebol euy!

Sumber gambar : biodata-artis.blogspot.com

Celetukangarang
18 komentar:
Bung Eko mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

:e
Keren abis deh. Walau (maaf) gak ilmiah, tapi masuk akal banget. Dan yang lebih penting lagi, lucu banget! :D

wibisono mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

wah mantap bung..
trus kalo yang punya celengan butuh mendadak tinggal dipecahkan saja.. :d:

udienroy mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

ia tuh mosok nyolong kok celengan hahahahah aneh bin hajaib alias bla bla bla. Celengan memang lebih aman Dari ATM ya? supaya gampang mau ngambil duetnya yo di atur kotak wakaf pakai gembok tuh celengan

iiN greeN mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

xiixiiiiii.. bener-bener...... sekarang lebih aman di celengan ayam ya... he.. :)

Celetukan Segar mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

@Bung Eko
Pembahasannya kan tak ada secara ilmiah, jadi jelas gak ilmiah dong. Tapi ngomong-ngomong, masuk akal kan dasar dari ilmiah? :a:

@wibisono
Ya kalo udah kepepet, tinggal dipecah. :k:

@udienroy
Pengalaman pribadi, ya? :f:

@iiN greeN
Ternyata punya celengan, ya?
Moga-moga ayamnya, eh celengannya cepet jadi gemuk isinya. Biar bisa cepat dipotong, hi hi hi!

jaya mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

haha... :e:
celengan (kotak infak) di mesjid sering juga dimaling tuh kang...

sangsaka mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

lama tak berjumpa denganmu sahabatku...
apa kabar sobat?

pangling berkunjung kesini... banyak yang berubah, oke sobat... tulisannya bikin brrrrrrrrr
besok disambung lagi..

semangaaaaaaaattttt :i:

udienroy mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

Selamat sore mas. maaf nih berkunjung lagi seperti biasa menjalankan tugas rutin yaitu blogwolking sambil mencari info terbaru kalau-kalau ada. Kalau gak dapat info baru ya gak apa-apa dapat kunjungan balik mah dah ayem. Oke deh salam adem ayem murah senyum ramah tamah biar banyak di sukai sahabat2 baik hati dan tidak sombong hehe

Lambang 212° mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

Hehe... lucu...
Yang nomor enam itu, apa kalau nyolong celengan harus puasa mutih gitu? Keknya nanti malah dapet kakak gadisnya si anak yang punya celengan deh... :)

orangefloat mengatakan...
Minggu, 24 Januari, 2010   Reply To This Comment

nyimpan uang di bank, kebobolan
nyimpan di celengan, dilariin maling
nyimpan di bawa kasur aja kali ya bisa dibawa tidur :D

KangBoed mengatakan...
Senin, 25 Januari, 2010   Reply To This Comment

nah ayeuna mah bisa komeng

KangBoed mengatakan...
Senin, 25 Januari, 2010   Reply To This Comment

tah sanes ti kapungkur make url khan bisa sering amengan ka dieu

KangBoed mengatakan...
Senin, 25 Januari, 2010   Reply To This Comment

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Anonim mengatakan...
Senin, 25 Januari, 2010   Reply To This Comment

:n: :) lucu gambarnya,baru tau kalo babi celengannya bentuk manusia..gantian yaa
salam kenal mas,om,kak...

wiwing mengatakan...
Senin, 25 Januari, 2010   Reply To This Comment

lucu gambarnya,baru tau kalo babi celengannya bentuk manusia..gantian yaa
salam kenal mas,om,kak...

Celetukan Segar mengatakan...
Selasa, 26 Januari, 2010   Reply To This Comment

@jaya
Celengan itu milik pribadi, sedangkan kotak infaq milik umat. Jadi nggak sama dong!

@sangsaka
Akhirnya Kang Saka mampir juga kesini!
Kabarnya baik-baik saja! Semoga demikian dengan Kang Saka sekeluarga!

@orangefloat
Gimana kalo tidurnya nggak pake kasur?

@KangBoed
Ini KangBoed seperti Kang Saka, susah komeng kalo pake Disqus. Sekarang Disqus-nya sudah saya cabut. Jadi semua bisa komeng dengan mudah!

@wiwing
gambarnya itu saya dapat dari

@udienroy
Makasih sudah sering komeng!

@Lambang 212
Ya, kalo perlu, biar nggak ketahuan.
Wah ngicer mbaknya, ya? :e:

@wiwing
Mungkin celengnya bales dendam, nih! :k:
Salam kenal juga!

bundadontworry mengatakan...
Rabu, 03 Februari, 2010   Reply To This Comment

kalau gitu sekarang mulai simpan uang di bawah kasur lagi dong ya Mas Segar ?
pasti lebih aman. :E:
salam.

Celetukan Segar mengatakan...
Rabu, 03 Februari, 2010   Reply To This Comment

Jangan! Lebih baik dikasihkan saya, aja (ngarepe mode on)

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Posting Komentar