feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Maling Yang Dihalalkan

Celetukanopik :

Kemarin kita telah membahas tentang maling yang diharamkan. Untuk itu sekarang kita membahas tentang maling halal.

Masak ada maling yang dihalalkan? Mungkin saja pertanyaan ini menyeruak ke dalam alam pikiran Anda. Jika ada perbuatan maling yang dianggap berdosa, tentunya ada perbuatan maling yang dihalalkan, itulah jawaban dari nalar yang waras.

Lantas apa perbuatan maling yang dihalalkan tersebut. Perbuatan itu ialah :


1. Maling Hati
Maling yang masuk dalam kategori ini tidak disebut berdosa, malah dicari-cari, ditunggu-tunggu kedatangannya. Tak ada seorang pun yang tak ingin kemalingan hatinya alias jatuh cinta. Sebab proses menjadi maling hati ini cukup sulit. Kalau diuraikan secara kimiawi, prosesnya seperti ini :

terkesan - tertarik - terikat - tersekutu

Pada tahap terkesan ini, yang berperan utama adalah indera bagian mata dan bibir. Pada saat tertarik inilah peranan tadi diambil alih oleh otak. Dan di otak inilah ketiga senyawa yang diduga mengandung hawa cinta diproduksi massal. Ketiga senyawa cinta tadi, yaitu: Phenyletilamine (PEA), Dopamine dan Nenopinephrine.

  1. Phenyletilamine (PEA) atau 2-feniletilamina
    Senyawa ini mempunyai Mr =121,18; titik didih sebesar 197-200oC ; berat jenis = 0,965 ; titik Fahrenheit = 195oF (90oC) dan memiliki bidang polarisasi ND 200 = 1,5335
  2. Dopamine (3-hidroksitiraminihidrogenbromida atau 3,4-dihidroksiphenentilamin) Senyawa ini mempunyai Mr = 234,10 dan titik lebur 218-220oC
  3. Nenopinephrine (3-hidroksitiraminhidrogenklorida atau 3,4-dihidroksiphenetilamin) Senyawa ini mempunyai Mr = 189,64 dan titik lebur 241 – 243oC
Dari ketiga senyawa tersebut, senyawa PEA-lah yang paling berperan dalam proses kimiawi cinta. Senyawa ini juga yang mengakibatkan kita merasa tersipu-sipu malu, ketika berpandangan dengan orang kita sukai.

Pada tahap terikat tubuh akan memproduksi senyawa Endropin. Senyawa inilah yang akan menimbulkan perasaan aman, damai, dan tentram. Otak akan memproduksi senyawa ini apabila orang yang kita kasihi berada di dekat kita. Dan yang terakhir adalah tersekutu , waktu inilah senyawa Oxyrocin yang dihasilkan oleh otak kecil mempunyai peranan dalam hal membuat rasa cinta itu menjadi lebih rukun dan mesra antara keduanya.

2. Maling Salam
Maling salam, mungkin banyak yang belum tahu. Maling ini hanya dikenal di kalangan Islam. Lalu apakah yang dimaksud maling salam? Padahal di Islam, hukuman bagi maling sangat keras. Untuk itu kok bisa ada pemuatan "maling" dalam kategori yang terbolehkan.

Memang perbuatan maling, termasuk hal yang ditabukan dalam Islam. Namun sebentar, yang dimaksud dengan maling salam ini adalah ketika kita menjawab ucapan salam yang sebenarnya tidak ditujukan kepada kita. Misalnya, ada orang yang bertamu ke tetangga kita dengan ber-uluk salam. Dan kita membalasnya, meskipun dengan perlahan. Dan perbuatan maling salam, ini adalah satu-satunya maling dalam Islam yang tidak terlarang, karena tidak mengandung perbuatan yang merugikan. Bahkan mengundang datangnya pahala. Asalkan dilakukan dengan porsi yang terhormat.

sumber :
1. wijayantowahyu.wordpress.com
2. www.chem-is-try.org
3. rohmah - peperonity.com

Celetukangarang
16 komentar:
Celetukan Segar mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

Saya baru tahu kalo proses kimiawi cinta ini (bagian Maling Hati), merupakan artikel yang paling banyak bertaburan di berbagai blog. Saya tidak tahu, siapa yang pertama kali posting. Yang pasti ada yang pertama, yang kedua dan selanjutnya pasti copas, dan banyak yang tidak mencantumkan sumbernya. Apalagi menuliskan diambil berbagai sumber.

Hanya beberapa saja yang membuatnya lebih lengkap, dengan disertai gambar/bagan yang jelas serta cuplikan dari pakarnya yang berasal AS.

Laston M Nainggolan mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

dah muncul lum ya?? atau perlu moderasi?

bundadontworry mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

oh ''maling si pencuri hati '' ya, Mas.
hati siapa yg dicuri ? :j:
salam.

Celetukan Segar mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

@Laston M. Nainggolan
Udah! Nggak perlu moderasi!

@bundadontworry
Bunda mau tau aja! :g:

udienroy mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

hmmm ternyata hati juga bisa di curi to? tapi ada juga yang bilang makan hati enak dunk hehe

arkasala mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

terasa bener tuh maling hati .....
dulu nyolong sekarang jadi istri he he
Trims
Salam

itempoeti mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

malingsia gimana? halal gak?

Celetukan Segar mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

@arkasala
Wah ini ada yang lagi mengeluarkan testimoni!

@itempoeti
Malingsia setali tiga uang dengan malingnesia, maklum serumpun!
Soal halalnya tunggu saja konfirmasi dari MUI! :m:

oelil mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

hehehe rumusnya rumit banget ya... :n:

abifasya mengatakan...
Kamis, 21 Januari, 2010   Reply To This Comment

Kayanya sedang bercerita pengalaman pribadi neh...,
hati siapa gerangan yang dicuri ?

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

@oelil
memang seperti itulah!

@abifasya
he he he, mau tahu saja!

sauskecap mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

waduh cinta ada juga senyawa kimianya...

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

Ya itu gunanya pengetahuan, apapun coba dirumuskan secara ilmiah!

achmad sholeh mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

tambah satu lagi bro, maling ilmu pengetahuan

Zaiful Anwar mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

Wah ternyata maling ada rumusnya ya bro :e:

Celetukan Segar mengatakan...
Sabtu, 23 Januari, 2010   Reply To This Comment

@achmad sholeh
maling pengetahuan? :K:

@Zaiful Anwar
kalo ingin jelas masuk ke www.chem-is-try.org

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Poskan Komentar