feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Evolusi Celengan

Celetukanopik :

Kebanyakan dari kita menganggap celengan selalu berasal dari gerabah atau keramik. Itu tidaklah tepat karena ternyata pada jaman dulu (bahkan sampai era modern masih ada yang melakukannya), orang-orang, khususnya orang Jawa meletakkan uang di pilar rumahnya yang terbuat dari bambu. Dan disebut celengan bambu. Hal ini bisa jadi merupakan awal daripada perkembangan pemakaian brankas. Bukankah brankas juga identik dengan celengan, bedanya celengan umumnya lebih "mobile"?

Celengan Selalu Up to date
Jika Anda bersedia mengikuti perkembangan celengan, ternyata celengan selalu berevolusi dari masa ke masa. Paling tidak ada tiga periodeisasi wujud celengan :

1. Periode Gerabah/Bambu
Mungkin marak pada era kejayaan kerajaan di Indonesia. Yang menyenangi celengan gerabah (keramik), cenderung berpaham dinamis dan berasal dari golongan kaya, sedangkan yang bambu cenderung berpaham statis dan berasal dari kalangan miskin.

Gambar di samping adalah contoh celengan pada abad 14-15 Masehi dari Kerajaan Majapahit.

2. Periode Plastik
Sebenarnya pada periode ini, bahan utama celengan berasal dari berbagai jenis. Namun yang sering dipakai adalah plastik. Pada periode inilah, celengan hampir mirip dengan brankas, cuma perbedaannya, hanyalah memakai gembok biasa, tanpa ada kode nomor segala. Periode ini berjalan sekitar Orde Baru.

3. Periode Canggih
Waktu ini adalah celengan dengan sebuah sistem canggih. Tidak saja memakai sistem pengaman berupa gembok, namun sudah ada yang memakai alat penghitung. Bahkan tak cukup sampai di situ, celengan canggih ini juga ada yang bisa bicara untuk memotivasi pemiliknya agar makin disiplin menabung sehingga target yang ditetapkan dapat tercapai.

Terdapat pula fitur di mana celengan ini mungkin menghalang-halangi pengguna yang coba mengeluarkan uang dari 'tubuhnya'. Ya celengan tersebut sebenarnya menggunakan sistem robotika dan contohnya adalah Robot Money Box (lihat gambar no. 1). Celengan "Robot Money Box" ini harganya lebih daripada celengan konvensional, harganya sekitar 24 poundsterling.

Bagaimana dengan Anda, masih menyukai celengan tradisional dari gerabah ataukah dari plastik, atau sudah memakai yang elektrik?

Sumber :
detikinet.com
id.wikipedia.org

Celetukangarang
14 komentar:
udienroy mengatakan...
Selasa, 26 Januari, 2010   Reply To This Comment

wah ini celengan lagi hehe. dulu saya juga pernah lho. bikin celengan dari batang bambu. dan ku pendam di tanah. cuma tempat mulut buat masuk koinnya di tampakkan dikit :D

Celetukan Segar mengatakan...
Selasa, 26 Januari, 2010   Reply To This Comment

Sekarang gimana masih pakai nggak?
Baru tau kalo ada yang dipendam di dalam tanah, apa nggak takut dimakan rayap?

zulhaq mengatakan...
Selasa, 26 Januari, 2010   Reply To This Comment

celengan gw sekarang, ada dipinggiran jalan atau tempat tertentu. ah, itu ATM yah he he he

keren banget tuh celengan, canggih!!!

liudin mengatakan...
Rabu, 27 Januari, 2010   Reply To This Comment

saya kira celengan periode canggih dan tercanggih adalah kartu kredit dan kartu atm, mas... he...he...he....
kartu kredit: belum nabung tapi bisa diambil
kartu atm : masukin kartu, uang keluar kartu kembali. he...he...he...

tomy mengatakan...
Rabu, 27 Januari, 2010   Reply To This Comment

Kalau saya pake bamboo yang buat nyencang kerbau dikandang….moga nggak dimakan rayap :D :i :m

udienroy mengatakan...
Jumat, 29 Januari, 2010   Reply To This Comment

wah kalau zekarang mah dah gak mutu lagi bikin celengan bamboo hehe

Lif Collection mengatakan...
Jumat, 29 Januari, 2010   Reply To This Comment

celengan emang gak pernah mati. dari kecil sampe besar pasti suka nabung di celengan. apalagi sekarang dah jaman hacker atm. bobol atm. duh, ngeri!!!!!

Ruang Hati mengatakan...
Sabtu, 30 Januari, 2010   Reply To This Comment

Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

salam hangat san sukses selalu

semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

ruanghati.com

Dinda Watson mengatakan...
Sabtu, 30 Januari, 2010   Reply To This Comment

waduh?! 24 poundsterling? :k

bocahbancar mengatakan...
Minggu, 31 Januari, 2010   Reply To This Comment

Wah wah wah, harganya pasti mahal ya,,,he he he

udienroy mengatakan...
Minggu, 31 Januari, 2010   Reply To This Comment

kunjungan di siang hari menjelang sore mas. Maaf cuma lagi blogwalking mencari tambahan hehe..., ...Lelang keperawanan di dunia maya

Celetukan Segar mengatakan...
Senin, 01 Februari, 2010   Reply To This Comment

Ternyata masih ada juga yang make celengan bambu, saya kira sudah tidak ada!

subhan mengatakan...
Jumat, 18 Juli, 2014   Reply To This Comment

anak saya makai celengan kaleng, 2 tahun baru dibuka, udah karatan, terus uang kertasnya dah mau hancur ketindis ama uang logam.

Latihan Toefl online mengatakan...
Rabu, 08 Juli, 2015   Reply To This Comment

Heuheuheu... Jadi ke inget celengan pake kaleng biskuit khong guan yg segede gaban.. Tutupnya dilubangi, ditengah buat masukan uangnya.. Sampe beraat lhoo.. Hehe..

Belajar toefl post Unreal Conditional

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Poskan Komentar