feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Otomatisasi Internet Sehat Di Bulan Ramadhan

Celetukanopik :

Ada-ada saja cara orang untuk melindungi diri (termasuk orang lain) dari dampak buruk internet. Dari pembagian booklet sampai pemberian hadiah (yang bikin ngiler segala). Dan salah satu pihak yang melakukan hal tersebut adalah ICT Watch.

ICT Watch atau Yayasan Center for ICT Studies ini bertahun-tahun mengkampanyekan kesadaran akan pentingnya Internet Sehat. Baik melalui situs mereka yaitu di internetsehat.org maupun secara offline.

Upaya yang dilaksanakan oleh ICT Watch ini sudah sepantasnya kita berikan acungan jempol plus aplaus. Internet Sehat yang didengungkannya selama ini, paling tidak telah membuat para pengguna internet menjadi lebih arif dalam aktivitasnya di dunia maya.

Tapi tidak bisa dipungkiri, tidak semua pemakai internet mau menjalankan apa yang telah "dibimbingkannya". Apalagi ada sanggahan, bahwa pemakaian internet adalah hak setiap orang. Sehingga sah-sah saja, kalau menggunakannya sesuai dengan tujuan pribadinya.

Sanggahan yang sebenarnya hanya cari pembenaran atas tingkah laku bobrok ini, kemungkinan besar akan tidak terjadi di bulan suci, Ramadhan ini. Karena ada semacam ketakutan, akan tidak sahnya puasa dan lain sebagainya.

Jadi selama sebulan penuh, paling tidak terminologi INTERNET SEHAT menjadi sebuah keniscayaaan yang otomatis berjalan tanpa sebuah komando yang dipaksakan. Walaupun begitu hal ini tak sepenuhnya terjadi. Namun sedikit banyak mengurangi penggunaan internet untuk hal-hal negatif.

Celetukangarang