feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Mitos Di Seputar Puasa

Celetukanopik :

Beberapa ini saya sedang sibuk dengan banyak kerjaan, dari ngurus administrasi, amil zakat sampai mengatur berbagai pertemuan. Sehingga tidak dapat posting tiap hari. Apalagi blogwalking. Untuk blogwalking ini, sejak Juli sudah mulai jarang saya lakukan, hanya mengunjungi teman-teman yang nempel di tautan (link).

Namun hari ini, saya sempatkan di tengah kesibukan itu untuk posting artikel. Artikel kali ini judulnya "Mitos Seputar Ramadhan". Pada mulanya mau kasih "Mitos Bilangan Tarawih", karena saya pikir terlalu sempit areanya, saya perluas menjadi seputar puasa (ramadhan).

Banyak sekali mitos yang berkembang, walaupun begitu ada yang mengatakan ini adalah fiqih faktual, bukan sekedar mitos belaka. Lantas apa saja mitos atau fiqih faktual yang berkembang itu :

1. Tarawih + Witir, satu kalangan berpendapat lebih afdol 23 rakaat. Sedangkan kalangan lain, yang tepat adalah 11 rakaat, sesuai dengan yang diperbuat Rasulullah.

2. Tarawih + Witir, harus dikerjakan minimal 40 orang.

3. Yang membatalkan puasa, selain makan dan minum, juga berhubungan intim adalah :
a. terluka
b. berkumur
c. menangis

4. Malam Lailatul Qodar, ada pihak yang mengatakan selalu ada, ada juga yang mengatakan hanya terjadi di zaman Rasulullah masih hidup, selain itu ada yang berkata untuk menyenangkan hati atau sekedar memperingati.

Bagaimana pendapat Saudara?

Celetukangarang