feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Kiai DAPUR dan Kiai KAPAK

Celetukanopik :

KERIS apa yang paling banyak diperebutkan orang saat ini? Keris apa pula yang paling ditakuti para pejabat dan politisi saat ini? Ternyata bukan Nogososro Sabuk Inten atau Keris Kiai Sengkelat, Kolomunyeng, atau yang lain. Tapi, menurut Mas Prawito, salah satu pelakon drama Tikungan Iblis karya Emha Ainun Nadjib yang pekan ini dipentaskan di Taman Ismail Marzuki, adalah, pertama Keris Kiai DAPUR (tapi dengan menghilangkan huruf A dan U), dan kedua Keris Kiai KAPAK (dengan catatan dua huruf A dihilangkan). Berikut jawaban-jawaban bebas dari apa yang dikatakan Mas Prawito, penyuka klenik yang kecewa burung Garuda telah menjadi burung Emprit itu, atas beberapa pertanyaan langsung dari Anda.
Anda: Apa kehebatan Keris Kiai DAPUR itu Mas Prawito?
Mas Prawito: Oho, Keris Kiai DAPUR itu sakti karena pemegangnya segera memiliki pengaruh yang menentukan dalam proses pembuatan aturan main dalam tata-hidup dan tata-laku masyarakat, bangsa, dan negara. Keris ini bisa digunakan untuk melindungi berbagai kepentingan diri, kelompok, partai politik, dan yang lain. Bisa dipakai memperkaya diri juga lho. Tapi, ya itu, efek sampingnya perlu diperhatikan, biasanya kalau orang sudah menggenggam Keris Kiai DAPUR ini, matanya langsung terasa berat, jadi ngantukan, suka ngantuk. Hmmm, heran juga ya, apa pemegangnya terlalu banyak melek, atau gimana?
Anda: Mas, saya dengar juga, katanya, banyak orang yang kini sedang mencari pekerjaan dengan mengikuti sayembara perebutan Keris Kiai DAPUR itu?
Mas Prawito: He he, mencari pekerjaan? Hmmm, bisa jadi, mengingat banyaknya penganggur di sekitar kita. Tapi, ingatlah, sesungguhnya para pemegang Keris Kiai DAPUR kelak tak boleh main-main, tak boleh digunakan seenak wudhel (pusar) sendiri, mengingat keris tersebut merupakan berisi roh rakyat yang diwakilinya. Keris ini ada rohnya lho, nggak main-main ini.
Anda: Kalau Keris Kiai KAPAK Mas, kenapa ditakuti?
Mas Prawito: Keris Kiai KAPAK itu cuma dimiliki oleh lima orang, lima pendekar, pandawa lima. Keris itu paling ampuh dan sangat ditakuti sekarang ini khususnya oleh para pejabat dan politisi, yang suka menyelewengkan wewenang dan uang negara, alias para koruptor. Keampuhan keris ini, adalah kemampuannya untuk mendeteksi sinyal-sinyal dan gelombang-gelombang yang terpancar dari pesawat telepon genggam siapa saja. Kemampuan mengendusnya jitu, dan menjerat sasaran dengan super jitu.
Anda: Kalau para pejabat dan politisi, atau para rekanannya tidak bersalah, mengapa perlu takut sama Keris Kiai KAPAK, Mas Prawito?
Mas Prawito: He he he, justru keampuhan Keris Kiai KAPAK ini justru terletak pada kemampuannya memberi efek takut pada pejabat, artinya biar mereka kerja secara amanah dan benar, akuntabel dan transparan. Tapi, saya khawatir saking ampuhnya keris ini, maka akan menjadi rebutan antar-elite yang berkuasa, justru untuk melindungi kepentingan diri dan menakut-nakuti lawan-lawannya. Kalau sang keris digunakan untuk kepentingan politik, ya hancur-hancuran. Kalau keris ini digunakan terlalu berlebihan, pembangunan bisa nggak jalan lho, karena semua pejabat dan para rekanan takut mengerjakan proyek-proyek. Hmmm, tapi kita percaya pada lima pemegang keris sakti ini, bahwa mereka bisa obyektif dan adil, tak mudah dikendalikan oleh yang berkuasa.
Anda: Jangan Mas, biarkan kami mengira-ira saja, biarkan kami penasaran, seperti apa kedua keris itu.(M Alfan Alfian, FISIP Universitas Nasional, Jakarta)

Sumber : Harian Umum Pelita, Edisi Kamis, 24 September 2009

Celetukangarang