feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Membuat Roket Jus Lemon

Celetukanopik :

Pasti pada nggak nyangka ya? Roket bertenaga jus lemon. Tapi ini beneran lho, roket dibuat dengan BBJL (Bahan Bakar Jus Lemon). Prinsip pembuatannya cukup mudah bagi yang suka tantangan dan tidak aras-arasan. Dan yang penting dipahami, bahwa roket tersebut bisa meluncur karena adanya sebuah dorongan.

Dorongan tersebut berasal karena reaksi cepat pembakaran/ledakan dari satu atau lebih bahan bakar yang dibawa oleh roket. Dorongan ini dijelaskan oleh HUKUM PERGERAKAN NEWTON ke-3, yang berbunyi, "Setiap ada gaya aksi, maka akan selalu ada gaya reaksi yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan."

Bahan bakar roket dapat berupa zat cair atau padat. Prinsip kerja dari roket berbahan cair dan padat sama, yaitu hasil pembakaran menghasilkan gaya dorong ke atas. Kelebihan dari roket berbahan bakar padat mampu menyimpan bahan bakar dengan jumlah besar untuk ruang penyimpanan yang sama, karena telah dipadatkan. Sedangkan bahan bakar cair tidak bisa dimampatkan.

Nah, sudah tahu kan kenapa roket bisa meluncur ke atas? Pada eksperimen kali ini kita akan membuat roket, tapi bahan bakarnya adalah lemon. Bagaimana bisa? Penasaran kan? Ayo membuat roket tenaga jus!

Alat dan bahan yang dibutuhkan :
1. Jus lemon
2. Baking soda
3. Botol bekas minuman isi 500ml
4. Corong
5. Gabus sumbat botol (cari yang seukuran mulut botol)
6. Kertas tisu
7. Pita

Langkah-langkah membuat roket :
1. Isi jus lemon hingga seperempat botol, tambahkan air sampai memenuhi setengah isi botol.
2. Ikatkan pita pada gabus.
3. Taburkan 1 sendok teh baking soda di tengah kertas tisu, bungkuslah menjadi bungkusan kecil.
4. Masukkan tisu ke dalam botol yang telah diisi jus lemon.
5. Dengan cepat sumbatlah botol dengan gabus. Pastikan tidak ada kebocoran di mulut botolnya. Jika kurang pas, gabusnya dibungkus/dililit dengan plastik.
6. Botolnya dikocok sebentar, lalu letakkan di lantai. Menjauh dan lihatlah gabusnya terbang ke atas seperti roket.

Mengapa gabus penyumbat bisa terbang seperti roket? Sewaktu bungkusan baking soda dimasukkan ke jus lemon, kedua bahan ini perlahan-lahan bercampur. Dua bahan tersebut bereaksi dan membentuk gas karbondioksida. Gas CO2 ini memenuhi ruang kosong di dalam botol. Oleh karena tekanan di dalam botol terlalu kuat, maka gabus botol terdorong ke atas oleh gas CO2. Jika gas CO2 di dalam botol tidak berhasil mendorong sumbat gabus ke atas, tambahkan baking soda. Ulangi prosedur di atas mulai no. 3. Coba bereksperimen sendiri seberapa banyak baking soda yang bisa menerbangkan roket (gabus)!

Celetukangarang
11 komentar:
KangBoed mengatakan...
Selasa, 30 Juni, 2009   Reply To This Comment

Pertamaaaaaxxxxxxxx.. huuwaaaakaakakakak.. malas aaaah.. dah di coba yaaaaa sama mas Segar
Salam Sayang

Celetukan Segar mengatakan...
Selasa, 30 Juni, 2009   Reply To This Comment

Jangan males gitu dong!
Ayo yang semangat!
Minum bandrek rasa kritingdoang-nya!
Dengerin lagunya Mbah Surip!

Percobaan ini bersumber dari buku "Senang Mencoba Sains 1" karya : Kiki, penerbit : Galeri Lontara. Percobaan ini untuk melatih anak-anak sekolah dasar mengenal tentang "kenikmatan" sains.

sakainget mengatakan...
Selasa, 30 Juni, 2009   Reply To This Comment

~x( ini mah menyimpang dari visi dan misi celetukan :-o

Celetukan Segar mengatakan...
Selasa, 30 Juni, 2009   Reply To This Comment

Wah orang ini dari kemarin protes melulu. :-/

dedekusn mengatakan...
Rabu, 01 Juli, 2009   Reply To This Comment

Bagus......
Saya pernah mencobanya & sukses.... peace.....

dedekusn mengatakan...
Rabu, 01 Juli, 2009   Reply To This Comment

:)) numpang senyum :)

Celetukan Segar mengatakan...
Rabu, 01 Juli, 2009   Reply To This Comment

Wah benar-benar fisikawan sejati :)

almira yk. mengatakan...
Sabtu, 03 April, 2010   Reply To This Comment

Bisa nggak, kalau roket tsb yg terbang botolnya? bkn gabusnya? saya butuh jawaban secepatnya, karena hari senin besok saya ada ujian praktek. tentunya bahannya di bawah 10ribu

Celetukan Segar mengatakan...
Minggu, 04 April, 2010   Reply To This Comment

Secara teori maupun praktek, kemungkinan itu tidak mungkin terjadi.

Jawaban sederhananya adalah :
Karena botol itu tempat terjadinya proses "pembakaran". Coba saja baca baik-baik artikel di atas.

Kalo boleh tahu Anda, siswa kelas berapa?

Anonim mengatakan...
Selasa, 04 Maret, 2014   Reply To This Comment

izin bertanya, yang lebih mempengaruhi itu banyaknya baking soda atau banyaknya kocokan, jika ingin membandingkan lebih baik dari kocokannya sedikit hingga berkali-kali atau perbandingan banyaknya soda? terimakasih :)

Anonim mengatakan...
Rabu, 05 Maret, 2014   Reply To This Comment

ayo bls komenanhttp://lh6.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1FVFk_KY1I/AAAAAAAAByQ/12i2qYuBWPc/kaskuser_t4belajarblogger_10.gif d atasssss

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Poskan Komentar