feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Narablog Tidak Bisa Berorganisasi Dalam Skala Nasional?!

Celetukanopik :

Benarkah para narablog (istilah lain dari blogger) tidak bisa berorganisasi dalam skala nasional? Jawabannya bisa benar, bisa salah. Alasan yang memilih salah, adalah nyatanya para narablog sampai detik ini tidak mempunyai organisasi narablog tingkat nasional, adanya cuma lokal thok. Ini artinya mereka sulit untuk "bermain" pada wilayah yang lebih luas. Padahal suatu organisasi kelokalan macam ini cenderung etnosentris. Bisa jadi, ini karena budaya lokal khususnya kebahasaan dan kenyamanan bergaul masih mempunyai magnet yang cukup kuat. Sehingga proses integrasi narablog ke lingkup nasional sulit terlaksana.

Jika memang narablog tidak bisa berorganisasi skala nasional, saya kira bukan karena alasan di atas, namun karena hal berikut ini:

1. memalukan
Coba jika narablog itu bersatu dan mendirikan sebuah organisasi nasional. Singkatan organisasinya akan sungguh memalukan (baca: jorok).
Seperti ini contohnya: Asosiasi Narablog Nusantara disingkat ANU, alternatif singkatan lain adalah ANUS. Lihat kan! Memalukan, kedua singkatan tadi merupakan anatomi tubuh manusia, yaitu: depan dan belakang saja.

2. meniru
Nama lainnya juga sama saja, jika disingkat. Contoh : Persatuan Narablog Indonesia, disingkat PNI. Lihat! Seperti nama partai Orde Lama dan Orde Reformasi.

3. kuno
Jelas kuno dan membuat orang salah sangka, apabila para narablog itu mendirikan organisasi dengan nama ANTIK (kepanjangan dari Aliansi Narablog Aktif). Masyarakat akan mengira narablog adalah kumpulan kolektor barang kuno atau penjual barang purbakala.

Celetukangarang