feedburner

Masukkan alamat emailmu:

Dikirim oleh : FeedBurner

Celetukangobrol

Powered by ShoutJax

Darah Tinggi Ternyata Perlu Komnas Darling

Celetukanopik :

Kali ini kita akan bicara tentang Darah Tinggi alias Hipertensi. Tentu Anda sudah tahu yang namanya darah tinggi, apabila belum mengetahuinya, dapat membaca pengertiannya di bawah ini (www.nhlbi.nih.gov) :

High blood pressure (HBP) is a serious condition that can lead to coronary heart disease, heart failure, stroke, kidney failure, and other health problems.

"Blood pressure" is the force of blood pushing against the walls of the arteries as the heart pumps out blood. If this pressure rises and stays high over time, it can damage the body in many ways.

Kalau Anda ndak ngeh dengan bahasanya, tulisan di atas dapat disalin dan diterjemahkan pakai Google Translator ini.

Ikhtisar
Hipertensi itu sendiri biasanya tidak memiliki gejala. Anda dapat memilikinya selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Inilah sebabnya mengapa mengetahui angka tekanan darah Anda adalah penting, bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja. Jika tekanan darah Anda normal, Anda dapat bekerja dengan nyaman. Akan tetapi jika tekanan darah Anda terlalu tinggi, Anda perlu perawatan untuk mencegah kerusakan pada organ tubuh Anda.

Angka
Angka tekanan darah disebut sistolik dan diastolik. Tekanan darah sistolik adalah tekanan ketika denyut jantung memompa darah. Tekanan darah diastolik adalah tekanan saat jantung beristirahat di antara denyutan.

Anda akan paling sering melihat angka tekanan darah ditulis dengan nomor sistolik di atas atau sebelum diastolik, misalnya 120/80 mmHg. (MmHg adalah milimeter air raksa-unit yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.)

Tabel dari US National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure di bawah menunjukkan angka normal untuk orang dewasa. Ia juga menunjukkan angka yang membuat Anda berisiko lebih besar untuk masalah kesehatan. Tekanan darah cenderung naik dan turun, bahkan pada orang yang memiliki tekanan darah normal. Jika angka Anda tetap di atas normal sebagian besar waktu, Anda beresiko.

Semua tingkat di atas 120/80 mmHg meningkatkan risiko Anda, dan risiko tumbuh sebagai tingkat tekanan darah meningkat. "Prehipertensi" berarti Anda mungkin berakhir dengan hipertensi, kecuali Anda mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya.

Kasus dan Penanganan
Menurut Mantan Menteri Kesehatan RI Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp. JP (K) seperti yang diberitakan oleh
dinkes-sulsel.go.id, menyatakan prevalensi hipertensi di Indonesia pada daerah urban dan rural berkisar antara 17-21%. Data secara nasional yang ada belum lengkap. Sebagian besar penderita hipertensi di Indonesia tidak terdeteksi, sementara mereka yang terdeteksi umumnya tidak menyadari kondisi penyakitnya, ujarnya pada Peringatan Hari Hipertensi 2007 di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta.

Di dunia, hampir 1 milyar orang atau 1 dari 4 orang dewasa menderita tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit kronis serius yang bisa merusak organ tubuh. Setiap tahun darah tinggi menjadi penyebab 1 dari setiap 7 kematian (7 juta per tahun) disamping menyebabkan kerusakan jantung, mata, otak dan ginjal.

Berdasarkan data WHO dari 50% penderita hipertensi yang diketahui hanya 25% yang mendapat pengobatan, dan hanya 12,5% yang diobati dengan baik (adequately treated cases). Padahal hipertensi merupakan penyebab utama penyakit jantung, otak, syaraf, kerusakan hati dan ginjal sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini merupakan beban yang besar baik untuk keluarga, masyarakat maupun negara, kata Dr. Siti Fadilah.

Di negara maju, lanjut Dr. Siti Fadilah, pengendalian hipertensi juga belum memuaskan, bahkan di banyak negara pengendalian tekanan darah hanya 8% karena menyangkut banyak faktor baik dari penderita, tenaga kesehatan, obat-obatan maupun pelayanan kesehatan.

Dr. Siti Fadilah Supari yang juga ahli jantung menyatakan, hipertensi sebenarnya merupakan penyakit yang dapat dicegah bila faktor risiko dapat dikendalikan. Upaya tersebut meliputi monitoring tekanan darah secara teratur, program hidup sehat tanpa asap rokok, peningkatan aktivitas fisik/gerak badan, diet yang sehat dengan kalori seimbang melalui konsumsi tinggi serat, rendah lemak dan rendah garam. Hal ini merupakan kombinasi upaya mandiri oleh individu/masyarakat dan didukung oleh program pelayanan kesehatan yang ada dan harus dilakukan sedini mungkin.

Pengobatan beserta Alternatif
Biasanya obat yang diberikan oleh dokter untuk para penderita Darah Tinggi adalah tablet captopril. Tablet ini berfungsi untuk menjaga agar tensi tidak naik.

Namun akibat pemberian obat ini, kecenderungan untuk kecanduan obat menjadi tinggi. Lantas bagaimana mengatasinya? Tentu saja kita dapat mengobatinya dengan metode pengobatan tradisional atau kita lebih suka menyebutnya pengobatan alternatif.

Pengobatan alternatif ini bisa dengan memilih resepnya di bawah ini :

1. Dengan air perasan labu siam. Cara pemanfaatannya cukup mengkonsumsinya secara teratur selama 1 minggu, pagi dan sore.

2. Dengan jus belimbing manis. Cara pemanfaatannya ambil 3 buah belimbing manis, cuci bersih, buang siripnya dan blender. Kemudian mengkonsumsinya secara teratur selama 1 minggu, pagi dan sore.

3. Dengan air seledri. Cara pemanfaatannya ambil segenggam seledri, lalu tumbuk dan campur dengan segelas air. Konsumsinya secara teratur selama 2 minggu, sebelum sarapan pagi.

4. Dengan air perasan daun cincau. Cara pemanfaatannya daun cincau segar sebanyak 5 gram yang digerus dengan 150 cc air matang kemudian diperas. Konsumsinya secara teratur selama 1 bulan, pagi dan sore.

Komnas dan Perayaan
Setelah Anda membaca artikel di atas, tentunya akan berfikir sama dengan Kang Celse, bahwa Darah Tinggi alias Hipertensi adalah penyakit berbahaya. Untuk itu Kang Celse berharap pemerintah responsif dengan mendirikan Komisi Nasional Darah Lagi Tinggi (KOMNAS DARLING).

Alasannya sebagai sesama penyakit berbahaya flu burung sudah punya Komite Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI). Padahal dibanding soal senioritas, Darah Tinggi lebih tua. Selain itu Amerika Serikat, juga sudah mempunyainya dan dikenal dengan sebutan Komite Nasional Pencegahan, Deteksi, Evaluasi, dan Penanganan Tekanan Darah Tinggi atau National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure.

Dan bukan sekedar melakukan peringatan
Hari Hipertensi Sedunia (World Hypertension Day) tiap tahunnya saja.

Sumber :
www.nhlbi.nih.gov
dinkes-sulsel.go.id
kesehatan.kompas.com
www.101info.net

Celetukangarang
17 komentar:
julie mengatakan...
Senin, 05 April, 2010   Reply To This Comment

petromaaaaxx
sejak tahun duaribu lapan aku menderita hipertensi :D

MasEDI Belajar Ngeblog mengatakan...
Selasa, 06 April, 2010   Reply To This Comment

Lengkap sekali artikelnya, bs nambah wawasan saya ttg tekanan darah,

Salam kenal :)

Celetukan Segar mengatakan...
Selasa, 06 April, 2010   Reply To This Comment

@julie
Wuah Kajol suka marah-marah dong?

@Mas Edi
Trims. Salam kenal juga.

trisnok mengatakan...
Selasa, 06 April, 2010   Reply To This Comment

serem rasanya punya penyakit darah tinggi....hampir sama seremnya dengan penyakit darah rendah :D
thanks buat infonya yah.. :D

Celetukan Segar mengatakan...
Rabu, 07 April, 2010   Reply To This Comment

Agar tidak terkena, kita harus mengatur pola makan kita sehari-hari!

Thanks balik!

sahabat mengatakan...
Selasa, 15 Juni, 2010   Reply To This Comment

bagus..infonya...salam kenal dan sukses...

febryn mengatakan...
Selasa, 10 Mei, 2011   Reply To This Comment

salam kenal mas.. namaku febryn..

obat herbal disentri mengatakan...
Rabu, 01 Februari, 2012   Reply To This Comment

gejala hipertensi memang tidak bisa di deteksi secara pasti

aksesoris mobil mengatakan...
Jumat, 17 Mei, 2013   Reply To This Comment

cepet tua juga tuh yang darah tinggi, soalnya marah2 mlulu kan :P

Toko Bunga Online Jakarta mengatakan...
Rabu, 09 Oktober, 2013   Reply To This Comment

aku juga termasuk dalam kategori darah tinggi nih kayanya

Ahmad Wahyudin mengatakan...
Jumat, 09 Januari, 2015   Reply To This Comment

Info penting harap disebar luaskan. Solusi tepat membangun rumah untuk daerah yang rawan gempa bumi. Sudah terbukti saat gempa 5,6 SR mengguncang jogja ketika rumah-rumah tembok banyak yang hancur rumah jawa yang terbuat dari kayu model
RUMAH JOGLO,
RUMAH LIMASAN,
RUMAH KAMPUNG, tetap berdiri kokoh dan tidak mengalami kerusakan yang berarti. Jika anda berminat dengan rumah seperti yg tersebut diatas silahkan menghubungi kami di 08179442249.
Kami menjual dan membangun kembali rumah jawa knock down dari kayu jati lawas, melayani bongkar pasang dan paket pengiriman luar kota serta melayani paket pembangunan rumah jawa siap huni

tempat tidur mengatakan...
Rabu, 20 Mei, 2015   Reply To This Comment

tempat tidur
jual tempat tidur
tempat tidur anak
tempat tidur online
tempat tidur murah
harga tempat tidur murah
tempat tidur jepara
jual tempat tidur online
tempat tidur minimalis
harga tempat tidur
tempat tidur modern
tempat tidur terbaru
toko tempat tidur
tempat tidur jati

toko lemari mengatakan...
Rabu, 20 Mei, 2015   Reply To This Comment

harga meja belajar
meja belajar murah
meja belajar anak
meja belajar kayu
tempat tidur tingkat
jual tempat tidur tingkat
harga tempat tidur tingkat
tempat tidur tingkat murah
tempat tidur anak tingkat
ranjang anak tingkat
lemari pakaian anak
lemari pakaian
jual lemari pakaian anak
harga lemari pakaian anak
lemari pakaian anak murah
lemari pakaian anak minimalis

box bayi mengatakan...
Rabu, 20 Mei, 2015   Reply To This Comment

tempat tidur karakter
box bayi
jual box bayi
harga box bayi
box bayi murah
baby box
ranjang bayi
tempat tidur bayi
baby crib
tempat tidur anak
tempat tidur anak murah
jual tempat tidur anak
harga tempat tidur anak
set tempat tidur anak
kamar anak
kamar set anak
set kamar anak
ranjang anak
meja rias
jual meja rias
harga meja rias
meja rias murah
meja rias anak
meja belajar
jual meja belajar

tempat tidur karakter mengatakan...
Rabu, 20 Mei, 2015   Reply To This Comment

jual furniture anak
toko furniture anak
harga furniture anak
tempat tidur anak
furniture anak
furniture anak murah
desain furniture anak
furniture anak online
toko furniture online

Rer Dfwet mengatakan...
Selasa, 27 Oktober, 2015   Reply To This Comment

fitflop sandals for women
coach factory outlet online store
canada goose for sale
kd shoes
coach wallets
toms outlet
coach handbags online outlet
louis vuitton outlet
coach factory outlet online
joe's new balance
ralph lauren factory
air jordan 6
supra for sale
burberry outlet
converse sale clearance
jordans for girls
www.gucci.com
toms outlet
north face factory outlet
toms shoes
canada goose clearance
fitflops sale clearance
canada goose jackets
michael kors outlet store
louboutin outlet
michael kors sale
columbia clothing outlet
columbia outlet
new balance
coach shoes for women
red sole shoes christian louboutin
vans shoes sale
nike air max 2015
michael kors outlet store
christian louboutin shoes
coach tote
coach bags 1027lxy

Nnae Onnwe mengatakan...
Selasa, 27 Oktober, 2015   Reply To This Comment

oakley sunglasses
chanel bags
jordan 6
christian louboutin outlet
kate spade outlet
burberry sale
nike outlet online
juicy couture outlet online
polo shirt
coach bags outlet
mbt shoes clearance outlet
michael kors handbags outlet stores
coach factory outlet
nike heels
cheap vans
nike shoes
tods shoes
cheap jordan shoes
supras
fitflop
fitflop sale
air jordan 13
hermes belt
clarks shoes clearance
the north face outlet
burberry handbags
coach handbags
gucci.com
coach outlet online
puma shoes
coach factory online
coach bags sale
cheap purses michael kors
coach wallets
juicy couture outlet
fitflops sandals for women
ferragamo outlet 1027lxy

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Posting Komentar